Dalam rangka peringatan Hari Jadi Kabupaten Magetan ke-341 Tahun 2016 yang jatuh pada tanggal 12 Oktober, Pemerintah Kabupaten Magetan menyelenggarakan Pameran dalam Pekan Pasar Rakyat Magetan. Acara ini diselenggarakan mulai tanggal 12 – 16 Oktober 2016 d di Gedung Olah Raga (GOR) Ki Mageti dan dibuka oleh Bupati Magetan Dr. Drs. H. Sumantri, MM.

 

Dalam sambutannya Bupati Sumantri mengatakan bahwa dengan adanya acara ini dapat mendongkrak perekonomian masyarakat Magetan lebih baik, selain itu, untuk menciptakan rasa cinta pada produk-produk dalam negeri khususnya pada produk Magetan. Banyak Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Industri Kecil dan Menengah (IKM) dapat memamerkan berbagai produknya, sehingga akan dikenal dan berkembang. Adapun Tema PPRM Tahun 2016 ini mengambil tema “Melalui IKM/UKM Bersama Kita Membangun Magetan”.

 

Pembukaan Pekan Pasar Rakyat Magetan (PPRM) atau Pameran Hari Jadi Magetan yang ke 341 yang digelar di Gedung Olah Raga (GOR) Ki Mageti dihadiri Samsi wakil bupti Magetan, Ketua DPRD Joko Suyono, Dandim 0804 Magetant Letkol Inf Herwin Rizayan Izal,S.I.P, Forkopimda, Plt sekda Sutikno,MM, Asisten/Staf Ahli , dan SKPD se-Kabupaten Magetan.

 

Banyak instansi yang ikut dalam pameran untuk memeriahkan PPRM ini termasuk Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika yang kali ini menampilkan pemberdayaan teknologi Informasi untuk meningkatkan ekspos potensi desa dan UMKM di Kabupaten Magetan. Dalam usaha ini Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika tetap menggandeng Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) sebagai agen perubahan informatika. Dengan lebih mengenalkan RTIK ini diharapkan masyarakat akan dapat lebih proaktif untuk bisa memanfaatkannya dalam rangka pemberdayaan masyarakat desa lewat teknologi informasi dan komunikasi.

 

Dengan mengoptimalkan peran RTIK ini diharapkan dapat mejadi katalisator percepatan penerapan smart city di Kabupaten Magetan. Sebagai langkah awal adalah pemberdayaan informasi melalui website desa yang dalam waktu 1 (satu) tahun terakhir ini setelah pencanangan program website desa di Kabupaten Magetan sudah ada 73 desa/kelurah sudah mempunyai website dari 235 desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Magetan.

 

RTIK Kabupaten Magetan diharapkan juga sebagai motor Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di desanya masing-masing dan nantinya akan tumbuh telecenter di desa tersebut. Dengan demikian diharapkan setiap desa yang mempunyai KIM juga mempunyai telecenter yang dikelola sebagai tempat pemberdayaan informasi untuk masyarakat desa.

 

Disamping itu KIM juga mempunyai peran dalam pengelolaan website desa karena KIM merupakan citizen journalism di desa dalam rangka ekspos potensi di desanya masing-masing. Oleh karen itu KIM harus mempunyai SK Kepala Desa agar mempunyai dasar hukum sehingga segala sesuatu yang diekspos dapat dipertanggungjawabkan.

Tags