Pengertian Nuzulul Quran jika dilihat secara harfiah, artinya turunnya Alquran sebagai istilah yang merujuk terhadap betapa peristiwa penting terkait turunnya wahyu Allah SWT pertama kepada nabi dan rasul paling akhir, Muhammad SAW. Nuzulul Quran (Turunnya Alquran) hal itu bukan hanya sebuah kisah nyata yang tak berarti, tetapi kita selaku umat Islam harus bisa meneladani apapun yang ada di dalam Al-Quran, dengan cara mempelajari Alquran, membaca Alquran, mengamalkan Alquran, sampai mentadaburkan Alquran. Bertakwa kepada Allah SWT dan terus menjalankan semua perintahnya juga perintah Nabi Muhammad SAW, salah satunya dengan mengamalkan apa yang tersirat dan tersurat didalam Alquran.

Pemerintah Kabupaten Magetan dalam memperingati Nuzulul Qur’an setiap tahun selalu mengadakan pegajian. Dalam Pengajian kali ini Pemerintah Kabupaten Megetan untuk yang ke-3 kalinya mendatangkan uztad KH Duri Azhari dari Semarang.

Dalam tauziahnya uztad KH Duri Azhari mengatakan bahwa umat Islam harus mengamalkan rukun Islam dengan baik karena pada dasarnya pengamalan rukun Islam merupakan penghapusan dosa manusia. Untuk setiap hari dosa dihapus dengan sholat 5 waktu, akumalasi dosa dalam 1 minggu dihapus dengan sholat jum’at. Begitu juga dalam setiap bulan juga ada penghapusan dengan membayar zakat, kemudian dalam setahun juga ada penghapusan dosa melalui puasa Ramadhan. Untuk dosa seumur hidup dapat dihapus dengan ibadah haji dan setiap saat dosa juga dapat dihapus dengan bacaan istigfar.

Seperti biasa Pengajian Nuzulul Qur’an tersebut dilaksanakan di Pendopo Suryagraha setelah shalat isya dan tarawih. Acara tersebut dihadiri oleh Bupati, Wakil Bupati, Komandan Korem 081 serta pejabat eselon IV, III dan II di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Magetan, juga masyarakat umum.

Galeri Terkait