Pada dasarnya telecenter merupakan tempat dimana masyarakat dapat mengakses komputer, internet dan teknologi digital lainnya yang memungkinkan untuk mengumpulkan informasi, belajar dan berkomunikasi dengan orang lain serta mengembangkan keterampilan digital penting. Meskipun setiap telecenter berbeda tapi pada umum sebagai penggunaan teknologi digital untuk mendukung masyarakat, ekonomi, pendidikan, dan sosial dalam pembangunan untuk mengurangi isolasi, menjembatani kesenjangan digital, mempromosikan masalah kesehatan, menciptakan peluang ekonomi, dan menjangkau pemuda serta pemberdayaan lainnya.

 

Telecenter Cah Magetan (TCCM) merupakan telecenter kedua yang didirikan oleh Provinsi Jawa Timur di Kabupaten Magetan tepatnya di Desa Kuwonharjo Kecamatan Takeran. Dalam rangka meningkatkan pemanfaatan dunia maya untuk pengembangan usaha TCCM mengadakan workshop e-commerce yang diikuti oleh 30 Usaha Kecil Menengah (UKM). Tujuan kegiatan ini adalah agarUKM dapat memanfaatkan teknologi informasi untuk mengembangkan bisnis mereka sesuai dengan perkembangan teknologi.

 

Peserta workshop tersebut mendapatkan domain dan hosting secara cuma-cuma dari Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Magetan. Peserta workshop juga mendapatkan pendampingan dari Relawan TIK Kabupaten Magetan dalam mengembangkan e-commerce - nya masing-masing

 

Mengingat dewasa ini internet sudah berkembang demikian pesat dan dengan mudah dapat diakses oleh masyarakat global maka melalui e-commerce diharapkan pelaku UKM dapat lebih meningkatkan promosi dan memasarkan produknya secara efektif dan efisien lewat internet. Dengan demikian pemanfaatan e-commerce produk UKM Magetan dapat mempunyai dampak yang besar dalam rangka peningkatan perekonomian Kabupaten Magetan pada umumnya.